Terungkap, Ini Nieh Asal Usul Uang 15 Negara


Di setiap negara, bentuk uang bervariasi. Hampir sebanyak budaya dan bahasa yang menggunakannya.

Tapi apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa penduduk Amerika Serikat memilih nama dollar untuk menyebut mata uang mereka?

Sebuah posting baru di blog Oxford Dictionary berjudul 'OxfordWords' menjelaskan asal-usul nama-nama mata uang yang paling umum di dunia.

1. Dollar

Dollar adalah mata uang dunia yang paling umum. Digunakan di Amerika Serikat, Australia, Kanada, Fiji, Selandia Baru, Singapura dan tempat lainnya.

Menurut OxfordWords, kata Jerman untuk 'joachimsthal' mengacu pada lembah Joachim di mana perak pernah ditambang.

Koin yang dicetak dari tambang ini dinamakan 'Joachimsthaler', yang kemudian disingkat menjadi 'thaler' dan akhirnya berubah menjadi 'dollar'.

2. Peso

Peso sekarang ini menjadi nama unit moneter di beberapa bekas koloni Spanyol. Peso secara harfiah memiliki arti `berat` dalam bahasa Spanyol.

3. Pound

Mata uang Inggris pound berasal dari kata Latin 'poundus' yang berarti berat atau bobot. Mesir, Lebanon, Sudan Selatan, Sudan, dan Suriah semua menyebut pound untuk mata uang mereka.

4. Lira

Mata uang lira yang digunakan Italia dan Turki berasal dari kata Latin 'libra', yang ternyata berarti 'pound' dalam bahasa Inggris.

5. Mark

Sebelum euro, mata uang Deutsche mark dan markka Finlandia juga mengambil nama mata uang mereka dari satuan berat.

6. Riyal

Kata Latin 'regalis' yang berarti 'royal' adalah asal nama mata uang rial yang dipakai Oman dan Iran.

Hampir mirip pengucapannya, Qatar, Arab Saudi, dan Yaman semua menggunakan mata uang yang disebut 'riyal'. Sebelum euro, Spanyol pernah menggunakan 'real'.
7. Rand

Seperti dollar, rand Afrika Selatan berasal dari nama Belanda untuk kota Afrika Selatan 'Witwatersrand', sebuah daerah yang kaya akan emas.

8. Yuan, Yen, dan Won

Mata uang China, Jepang dan Korea semuanya berakar dari karakter huruf China yang berarti atau koin bundar.

9. Crown

Banyak negara-negara Skandinavia menggunakan mata uang yang berasal dari kata Latin 'corona' yang berarti 'mahkota'.

Swedia Krona, Norwegia Krone, Denmark Krone, Islandia Króna, dan Estonia Kroon (sekarang digantikan oleh euro), dan Republik Ceko Koruna semua berasal dari akar kata Latin yang sama.

10. Dinar

Jordan, Aljazair, Serbia, dan Kuwait semua menyebut mata uang mereka dengan 'dinar'. Ini adalah penyederhanaan secara langsung dari kata Latin 'denarius' yang merupakan koin perak yang digunakan di zaman Romawi Kuno.

11. Rupee

Kata Sansekerta untuk perak tempa adalah 'rupya', yang diserap namanya untuk menyebut mata uang rupee di India dan Pakistan, serta rupiah di Indonesia.

12. Ruble

Mata uang rubel di Rusia dan Belarus diambil dari ukuran berat untuk perak.

13. Zloty

Zloty dalam bahasa Polandia berarti keemasan.

14. Forint

Forint Hungaria berasal dari kata Italia 'Fiorino', yang artinya koin emas dari Florence. 'Fiorino' memiliki lambang bunga atau 'fiore' dalam bahasa Italia yang dicetak di atasnya.

15. Ringgit

Ketika koin dicetak menggunakan logam mulia, pencuri akan mengikis sebagian untuk membuat uang logam baru.

Untuk mengatasi hal ini, negara mulai mencetak koin dengan tepi bergerigi. Kata Malaysia untuk bergerigi adalah 'ringgit', nama mata uang mereka.

Sumber: dream

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Terungkap, Ini Nieh Asal Usul Uang 15 Negara"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan & Dilarang Menyertakan Link Aktive