IPW: Macet Total Brexit Tewaskan 12 Orang, Ada Unsur Sabotase?

ilustrasi


Terkait tewasnya 12 orang akibat terjebak dalam kemacetan parah di jalur Tol Brebes saat mudik Lebaran 2016, Indonesia Police Watch (IPW) meminta agar pemerintah melakukan pengusutan tuntas.

Ketua IPW, Neta S Pane mengatakan, pengusutan tuntas kasus kemacetan selama 25 jam di Tol Brebes itu untuk mengetahui apakah penyebabnya ketidakbecusan dalam melakukan rekayasa lalulintas atau ada unsur kesengajaan semacam sabotase atau melawan `dengan diam` berkaitan naiknya Jenderal Tito Karnavian sebagai Kapolri yang `melangkahi` enam angkatan di atasnya.

“Terlepas dari hal itu kemacetan parah yang membuat `jalur neraka` Tol Brebes menewaskan belasan orang menjadi tanggung jawab Kakorlantas Polri dan Kapolda Jateng,” tegas Neta S Pane melalui rilis kepada Lensa Indonesia, Sabtu (9/7/2016).

Menurut Ketua IPW ini, dalam sinergi mengendalikan arus mudik ada lima instansi yang terlibat dan menjadi lima pilar. Yang pertama adalah manajemen lalulintas ada pada Bapenas. Kedua, Kementerian PU menguji masalah kelaikan jalan yang di dalamnya ada Badan Pengelolaan Jalan Tol (BPJT). Ketiga, Kementerian Perhubungan mengontrol masalah kelaikan kendaraan (angkutan umum) dan fasilitas kelaikan keselamatan lalulintas. Keempat, Polri yang bertanggung jawab dalam rekayasa lalulintas, pembinaan, dan penegakan hukum. Kelima, Kementerian Kesehatan yang bertanggung jawab pasca kejadian atau penanganan korban laka lantas post crash.

“Dari lima pilar ini bisa diketahui siapa yang harus bertanggungjawab dalam kasus `jalur neraka` Tol Brebes yang menewaskan belasan orang tersebut,” sambungnya.

Neta S Pane menegaskan, Kakorlantas harus berani mengambil keputusan tepat dan cepat yang bersinergi dengan BPJT. Kasus Tol Brebes dalam mudik 2016 harus membuat jajaran Korlantas dan Polda Jateng melakukan instrospeksi untuk kemudian berbuat maksimal. “Jika tidak, publik akan dengan mudah menuding ada sabotase di balik kasus `jalur neraka` ini untuk mempermalukan Presiden Jokowi yang mengangkat Tito Karnavian sebagai Kapolri,” pungkasnya.

sumber: lensaindonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "IPW: Macet Total Brexit Tewaskan 12 Orang, Ada Unsur Sabotase?"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan & Dilarang Menyertakan Link Aktive