Malam Ini Puncak Arus Balik Feri


Malam ini diprediksi sebagai puncak arus balik pemudik dari wilayah Sumatera kembali ke Jawa dengan angkutan penyeberangan melalui Bakauheni-Merak. Kenaikan jumlah penumpang diperkirakan antara 5-8 persen.‎
‎‎
GM PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni Eddy Hermawan mengungkapkan, pemudik sejak Jumat (8/7/2016) sudah mulai ramai, namun diperkirakan akan semakin memadati pelabuhan Bakauheni pada Sabtu (9/7/2016) malam ini.

“Untuk penumpang pejalan kaki, karakteristiknya lebih ramai di pagi hingga siang hari. Namun, untuk kendaraan, ramai di sore hingga malam hari,” kata Eddy, Sabtu (9/7/2016).‎

Berdasarkan data Posko Bakauheni, dikatakan Eddy, dari total penumpang arus mudik yang naik dari Merak sejak H-7 hingga hari H Lebaran sebanyak 741.669 orang, telah kembali dari Bakauheni hingga H+1 sebanyak 102.324 orang.

“Jadi, baru sekitar 17 persen pemudik yang kembali dari Sumatera menuju Jawa. Pemudik yang belum kembali mencapai 613.651 orang,” tutur Eddy.

Selanjutnya, untuk roda II dari total 74.556 unit yang berangkat dari Merak saat arus mudik H-7 hingga hari H Lebaran, telah kembali dari Bakauheni sebesar 13 persen atau sebanyak 9.685 unit. Sedangkan yang belum kembali sebanyak 64.871 unit. ‎

Untuk kendaraan roda IV, dari total 75.175 unit yang berangkat dari Merak saat arus mudik H-7 hingga hari H Lebaran, telah kembali sebesar  14.721 unit atau sebanyak 20 persen. Sedangkan mobil yang belum kembali ke Merak mencapai 60.454 unit.

‎Demi melancarkan arus balik, cabang Bakauheni menurut Eddy, telah mempersiapkan semaksimal mungkin dengan penambahan loket penumpang pejalan kaki lima loket, dari sembilan loket portable menjadi 14 loket portable.

“Untuk roda II disediakan 12 loket portable, dan untuk roda IV disediakan 11 loket, yakni enam loket portable di pelabuhan, ditambah lima loket portable di Hotel 56 Kalianda. Khusus bagi pemudik yang membeli tiket di Hotel 56 Kalianda, akan menikmati jalur khusus di area pelabuhan,” kata Eddy.

Sumber: beritatrans

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Malam Ini Puncak Arus Balik Feri"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan & Dilarang Menyertakan Link Aktive