Perusahaan MLM Haji Ini Rugikan Korban Rp 17 Miliar

Korban penipuan tidak hanya menimpa calon jamaah umrah, tapi juga calon jamaah haji. Pekan lalu, aparat kepolisian Polda Banten membekuk pemilik dan koordinator PT Jaya Mandiri Bersama Indonesia (JMBI), perusahaan yang menawarkan haji plus dan umrah dengan sistem multi level marketing (MLM).

Nur Jannah, pemilik JMBI ditangkap karena melakukan penipuan Ongkos Naik Haji (ONH) Plus terhadap 978 jamaah dengan total kerugian mencapai Rp 9,629 miliar. Sedangkan koordinatornya berinisial YK menipu 1.061 jamaah dengan kerugian mencapai Rp 8,106 miliar. Penipuan dengan total nilai lebih dari Rp 17 miliar ini terjadi sejak 2013 hingga 2015.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, pada tahun 2013 pelaku sempat memberangkatkan jamaahnya. Kemudian, di tahun selanjutnya pelaku tidak memberangkat jamaah yang daftar haji dan umrah di PT Jaya Mandiri Bersama Indonesia milik pelaku.

Terungkapnya kasus penipuan ONH Plus ini berawal dari laporan warga berinisial YR dan YK yang bertugas sebagai koordinator jamaah umroh dan ONH plus di wilayah Banten beberapa waktu yang lalu.

“Berdasarkan dua laporan tersebut, petugas segera melakukan menyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku di rumah kontrakannya di kawasan Pondok Gede, Jakarta Timur pada 2 Maret,” kata Kasubdit II Ditkrimum Polda Banten, AKBP Agus Nugraha, kemarin.

Untuk  meyakinkan para korbannya, pelaku terlebih dahulu memberangkatkan dua koordinator tersebut. Sehingga membuat orang lain percaya akan aksinya.

Beragam paket umroh dan haji pun ditawarkan oleh PT Jaya Mandiri Bersama Indonesia. Misalnya  paket umrah mulai dari Rp 3 juta dan Rp 25 juta untuk haji. Para jamaah akan diberangkatkan setelah tiga tahun melakukan pelunasan.

“Uang jamaah yang dikumpulkan oleh koordinator di setorkan kepala pelaku, yang kemudian oleh pelaku uang tersebut diduga tidak digunakan untuk biaya pemberangkatan ibadah umrah dan haji,” kata Agus. (nrd) [Sumber: http://hajiumrahnews.com/][beritaislamterbaru.org]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perusahaan MLM Haji Ini Rugikan Korban Rp 17 Miliar"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan & Dilarang Menyertakan Link Aktive