7 Ciri Ciri Anak Durhaka Kepada Orang Tuanya (Tolong Dishare Yah)

Rasulullah SAW mengajarkan kepada seluruh umatnya untuk menghormati orang tua, karena pintu neraka akan selalu terbuka kepada anak durhaka. Disini admin akan membuat artikel tetang Ciri Ciri Anak Durhaka Kepada Orang Tuanya. Dan apa saja Ciri Ciri Anak Durhaka Kepada Orang Tuanya Menurut Ajaran Islam..?
Ciri Ciri Anak Durhaka Kepada Orang Tuanya

Seorang anak merupakan titipan Allah SWT kepada setiap orang tua, namun tidak seedikit diantara anak anak itu yang durhaka kepada orang tua mereka dan didalam islam ada Beberapa Ciri Anak Durhaka. Seorang anak yang durhaka kepada orang tuanya akan mendapatkan laknat serta kemurkaan dari Allah SWT.

Allah SWT memerintahkan dalam Al-Qur'an untuk berbakti kepada orang tua, Allah berfirman didalam surat Al-Isra' Ayat 23-24
surat Al-Isra' Ayat 23-24
Artinya : "Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-sekali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.
Islam mengajarkan kepada setiap anak untuk senantiasa menghormati,menyayangi dan patut terhadap perintah orangtua, selama perintah itu dalam kebaikan. Namun banyak sekali Kisah Anak Durhaka yang banyak diceritakan  dalam sebuah legenda seperti cerita Malin Kundang yang tidak mengakui ibu kandungnya sendiriyang miskin dan lusuh. Saat ini banyak ditemui kasus kasus seorang anak yang berani melawan kepada orang tua bahkan menelantarkan mereka saat usia telah tue rentta, Sengguh Menyedihkan Bukan..?
Sabda Rasulullah SAW seperti yang diriwayatkan oleh Tirmidzi
Artinya : Termasuk Al Kaba'ir (Perbuatan Dosa Besar), yakni bila seseorang mencela kedua orang tuanya mereka, para sahabat itu bertanya, Wahai Rasulullah SAW mungkinkah seseorang mencela kedua orangtuanya.? Nabi Menjawab Ya, bila dia mencaci bapak seseorang, maka orang itu pun akan mencaci  bapaknya. Dan bila ia mencaci ibu seseorang, lalu orang itupun akan mencaci ibunya sendiri. Abu Isa berkata, ini adalah hadist Hasan Shahih. (HR. Tirmidzi No 1824)

Dalam Istilah Islam Dijelaskan Beberapa Ciri Ciri Anak Durhaka Kepada Orang Tuanya Diantaranya Sebagai Berikut : 

1. Mengatakan “Ahh” Kata-kata ini memang sangat sering dikatakan oleh seorang anak kepada orangtuanya. Kebanyakan anak tidak menyadari bahwa kat seperti itu sangat menyakiti hati orangtuanya. Oleh karena itu, kata tersebut tidak boleh dikatakan kepada orangtua.

2. Tidak mengakui orang tuanya dihadapan umum karena keadaan orang tua yang kekurangan, miskin, tidak berilmu, cacat, penampilan tidak modis atau alasan lain.

3. Melakukan sesuatu yang membuat orang tua bersedih, meskipun sang anak berhak melakukan hal tersebut. Hak orang tua atas anak lebih besar dari pada hak anak atas dirinya. Ibnu ‘Umar menegaskan: “Tangisan kedua orang tua termasuk kedurhakaan yang besar.” (HR. Bukhari)

4. Berpaling dari orang tua dan tidak mau melayani mereka. Lebih berdosa lagi bahkan menyuruh orang tua melayani dirinya serta mengumpat kedua orang tua dihadapan umum dan menyebut kekurangannya.

5. Enggan berdiri untuk menghormati orang tua dan mencium tangannya. Ingatlah selalu hadist Nabi jika kita terbesit untuk tidak hormat kepada orang tua. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Maukah ku kabarkan kepada kalian dosa-dosa yang paling besar?” kemudian beliau menyebutkan beberapa hal, salah satunya adalah durhaka kepada orang tua (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Menggunakan tatapan yang tajam kepada kedua orang tua ketika marah karena suatu sebab kepada mereka.

7. Bersikap sombong dan takabur yang melecehkan orang tua dan membuatnya marah, semisal duduk mendahului orang tua saat hadir di majelis , mengatakan bahwa kesuksesannya adalah semata-mata karena kerja kerasnya dan tidak ada andil orang tua ketika dihadapan orang tua dan lain lain.

Itulah 7 Ciri Ciri Anak Durhaka Kepada Orang Tua. Meskipun sebagai anak kita wajib taat kepada orang tua, tetapi ada kondisi dimana orang tua tidak boleh kita taati. Yaitu ketika orang tua menyuruh kepada kemaksiatan misalnya, meminta melepas jilbab, menyuruh korupsi, mengajak murtad dan sebagainya. Rasulullah SAW bersabda :“Tidak ada ketaatan terhadap seseorang dalam mendurhakai Allah Yang Suci dan Maha Luhur.” (HR Ahmad). Wallahu alam bishowab. Tolong Dishare Yah Artikelnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Ciri Ciri Anak Durhaka Kepada Orang Tuanya (Tolong Dishare Yah)"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan & Dilarang Menyertakan Link Aktive